Minggu, 26 Oktober 2014

/ Kesehatan

BBPOM Surabaya Razia Produk Bermelamin

Kamis, 25 September 2008 | 20:39 WIB

SURABAYA, KAMIS - Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Surabaya menggelar razia produk-produk yang diduga mengandung melamin di beberapa swalayan.
     
Kepala BBPOM Surabaya, Sudiyanto, disela sidak angkutan lebaran yang dilakukan Pejabat Gubernur, Setia Purwaka, Kamis, mengatakan, dari razia tersebut petugas telah mengamankan sejumlah produk seperti biskuit, yoghurt, susu, permen dan lainnya.    

Untuk mengamankan produk yang mengandung susu asal China, BBPOM Surabaya menurunkan lima tim yang masing-masing terdiri lima orang ke sejumlah wilayah di Surabaya.
     
Dari razia tersebut petugas sudah mengamankan puluhan produk yang diduga mengandung susu bermelamin. "Ada sekitar 55 item dari 3.500 item dalam kemasan yang diamankan," kata Sudiyanto.

Razia yang dilakukan jajaran BBPOM Surabaya tersebut terkait  dugaan produk susu bermelamin dari Cina yang bisa membahayakan kesehatan.

Untuk melindungi masyarakat dari kemungkinan mengonsumsi susu dan produk susu yang tercemar tersebut, BBPOM telah mengeluarkan surat edaran kepada para distributor dan pengecer untuk segera mengamankan produk susu serta produk yang mengandung melamin. Caranya, menarik produk-produk tersebut dari peredaran, menyegel dan melaporkan hasilnya kepada BPOM.

Produk dari China yang mengandung melamin berdasar informasi dari Agri Food and Veterinary Authority (AVA) Singapura diantaranya Natural Choice Yogur, Yili Bean Club Matcha Red Bean Ice Bar, Yili Bean Club Red Bean Ice Bar, Yili Prestige Chocliz Dark Chocolate Bar, dan Yili Super Bean Red Bean Chesnut Ice Bar.
     
Produk lainnya, Nestle dairy Farm Susu UHT (UHT Pure Milk 1 L(Catering), Yili High Calcium Susu (Low fat Milk Beverage), Yili High Calcium Minuman susu (Milk Beverage),Yili (250 ml) Susu (Pure Milk), Yili (1 L) Susu (Pure Milk), dan Dutch Lady Susu (Strawberry Flavoured Milk).

Selain itu, White Rabbit kembang gula berbasis Susu (Creamy candy), serta Yili Choice Dairy Frozen Yoghurt Bar with real peach and pineapple fruit pieces.


Editor :
Sumber: