Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PT Merex Berminat Bikin Kaltim Airlines

Kompas.com - 19/02/2009, 11:24 WIB

SAMARINDA — PT Merex Indonesia (MI) menyatakan minatnya untuk bekerja sama dengan Pemprov Kaltim dalam rencana mendirikan perusahaan penerbangan yang disebut dengan Kaltim Airlines.

Keseriusan PT MI untuk membangun kemitraan itu disampaikan melalui presentasi di hadapan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak dan sejumlah pejabat lingkup Pemprov lainnya di Hotel Grand Pandurata Jakarta.

"Penyertaan modal kami itu tidak akan diberikan dalam bentuk dana, tapi hanya sebatas pemberian kemudahan perizinan di daerah dan izin pengurusan usaha penerbangan ke Departemen Perhubungan (Dephub) RI," kata pimpinan PT Merex Indonesia, Widdy Widiatora.

Menurut Widdy, pihaknya menawarkan kerja sama usaha dengan sistem pembagian penyertaan saham, yakni 34 persen untuk Pemprov Kaltim, 33 persen oleh  investor, dan pengelola atau operator sahamnya 33 persen.

"Selain penyertaan modal itu, kami juga siap membangun usaha pemeliharaan pesawat untuk mendukung operasional maskapai Kaltim Airlines itu dan menerima perawatan pesawat milik maskapai lain di daerah tersebut. Karena kami menilai selain usaha penerbangan, fasilitas maintenance atau pemeliharan pesawat juga memiliki peluang usaha yang cukup bagus di Kaltim," ujarnya.

MI juga minta sarana perkantoran dan penunjang usaha lainnya, termasuk upaya pemasaran sebagai bentuk penyertaan modal dari Pemprov Kaltim yang nilainya 34 persen dari total perkiraan dana yang harus dikeluarkan mencapai 15 juta dollar AS untuk membeli satu pesawat dan dua pesawat sewaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com