Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dampak Krisis, Bank Mulai Merugi

Kompas.com - 12/03/2009, 07:32 WIB

JAKARTA,KOMPAS.com — Perbankan mulai mencatat kerugian operasional per Januari 2009. Kerugian dipicu antara lain oleh seretnya penyaluran kredit, meningkatnya pencadangan kredit bermasalah, dan tergerusnya margin bunga bersih.

Berdasarkan data Bank Indonesia, industri perbankan mencatat rugi operasional senilai Rp 301 miliar per Januari 2009. Laba atau rugi operasional merupakan indikator guna mengukur kinerja inti perbankan, yakni penyaluran kredit, transaksi valas, dan fungsi pembayaran.

Pencapaian kinerja operasional perbankan nasional pada Januari 2009 jauh menurun dibandingkan dengan Januari 2008 yang mencatat laba Rp 2,7 triliun.

Merosotnya kinerja perbankan nasional secara umum merupakan dampak dari krisis keuangan global yang telah menyebabkan pelambatan pertumbuhan dan keketatan likuiditas di pasar keuangan domestik.

Kepala Ekonom BNI A Tony Prasetiantono, Rabu (11/3) di Jakarta, menjelaskan, kerugian operasional dipicu antara lain oleh anjloknya margin bunga bersih dan meningkatnya kredit bermasalah (nonperforming loan/NPL).

Sejak krisis mendera pada triwulan IV-2008, perbankan mulai kesulitan memperluas basis pendapatan dari kredit karena ekspansi pinjaman berjalan lambat. Bahkan, posisi kredit per Januari 2009 turun 2,1 persen dibandingkan dengan Desember 2008. Artinya, lebih banyak pihak yang melunasi ketimbang meminjam.

Padahal, penyaluran kredit merupakan sumber utama pendapatan perbankan.

Seretnya penyaluran kredit terjadi seiring dengan menurunnya permintaan dari sektor riil. Selain itu, perbankan juga sangat berhati-hati melakukan ekspansi karena khawatir NPL meningkat.

Operasional bank makin merugi karena bank harus lebih banyak menyisihkan pencadangan aktiva produktif seiring dengan meningkatnya NPL.

Rasio kredit bermasalah per Januari 2009 sebesar 4,24 persen, naik dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang 4 persen. Namun, kata Tony, faktor yang paling signifikan merugikan bank adalah anjloknya margin bunga bersih.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com