Jumat, 25 Juli 2014

/ Bisnis & Keuangan

Empat Produk Syariah Andalan AJB Bumiputera

Rabu, 13 Mei 2009 | 19:29 WIB

Baca juga

JAKARTA, KOMPAS.com - Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 mengandalkan empat produk syariah menghadapi persaingan yang makin ketat antar perusahaan berbasis syariah di Indonesia.
    
"Tiga produk sudah dikenal pasar yakni Mitra Sakinah, Mitra Iqra’ dan Mitra Mabrur, sedangkan satu produk lagi sedang dalam pengajuan ke Departemen Keuangan guna mendapatkan persetujuan," kata Kepala Bagian Komunikasi Organisasi Bumiputera, Puspita Pratiwi, di Jakarta, Rabu (13/5).
    
Mitra Sakinah kata Puspita, membantu sebagian perencanaan finansial khususnya mempersiapkan hari tua, dan tidak perlu cemas  dengan persoalan ekonomi, meskipun sebagai tulang punggung keluarga tidaklah produktif.  "Produk ini merupakan gabungan antara unsur tabungan, perlindungan asuransi dan investasi dengan masa pembayaran premi lebih pendek dibandingkan asuransinya," kata Puspita.
    
Produk Mitra Iqra’, merupakan antisipasi meskipun biaya pendidikan cukup mahal di kemudian hari, tetapi tetap mampu menyekolahkan anak-anak ke jenjang pendidikan lebih tinggi.
    
Sedangkan, produk Mitra Mabrur tidak hanya membantu menyisihkan dana tabungan haji secara teratur, juga menawarkan mudharabah (bagi hasil) dan perlindungan, sehingga nantinya dapat melaksanakan ibadah haji dengan hati tenteram tanpa khawatir meninggalkan keluarga di tanah air.
    
Puspita mengatakan, ketiga produk syariah Bumiputera tersebut memperlihatkan tren pertumbuhan cukup baik belum terpengaruh kondisi keuangan global yang masih belum menentu saat ini.
    
Manfaat Asuransi Syariah, kata Puspita, menjadi alternatif proteksi bagi pemeluk agama Islam yang menginginkan produk sesuai dengan hukum Islam. Selain itu bisa menjadi pilihan bagi pemeluk agama lain yang memandang konsep syari’ah adil bagi mereka, sebab syariah adalah sebuah prinsip atau sistem bersifat universal dapat dimanfaatkan oleh siapapun juga yang berminat.

 


Editor :
Sumber: