Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkeu Bantah Gaji Ke-13 Politis

Kompas.com - 01/06/2009, 11:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah akan memberikan gaji ke-13 untuk pegawai negeri sipil (PNS), TNI dan Polri bulan Juli 2009.

Hal tersebut disampaikan Menteri Keuangan sekaligus Plt Menko Perekonomian Sri Mulyani Indrawati, saat menerima Kompas Gramedia Group di kantor Kementerian Koordinator Perekonomian. "Tahun ini akan kita putuskan gaji ke-13 cair bulan Juli. Tidak ada perubahan," kata Menkeu.

Menkeu mengatakan, pengucuran gaji ke-13 dilakukan di bulan Juli karena kebutuhan masyarakat melonjak pada bulan tersebut, termasuk adanya kebutuhan untuk biaya sekolah. "Para orangtua menghadapi kebutuhan sekolah yang cukup banyak karena bulan-bulan itu anak-anak masuk sekolah. Kalau Mei diberikan, nanti terlalu jauh sehingga Juli sudah habis," tuturnya.

Ia melanjutkan bahwa pemerintah memutuskan untuk memberikan gaji ke-13 karena mendapat banyak masukan dari masyarakat. Hingga kini, gaji PNS, TNI, dan Polri dinilai masih kecil sehingga tidak dapat disisihkan dan ditabung.

"Presiden mendapat banyak komunikasi yang masuk melalui SMS (pesan singkat). Selama ini, gaji PNS selalu habis-habis saja. Mereka tidak dapat saving money. Pemihakan untuk PNS, TNI, Polri ya untuk itu, dan itu tidak dipolitikisasi-lah," paparnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com