Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AIG Bujuk Pemerintah AS untuk Lanjutkan Pembagian Bonus

Kompas.com - 10/07/2009, 17:22 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com — Setelah memicu badai kritikan di awal tahun ini, American International Group Inc (AIG) meminta Pemerintah Amerika Serikat mendukung rencana perusahaan asuransi ini untuk melanjutkan pembayaran bonus jutaan dollar AS pekan depan.

Perusahaan yang pernah menjadi perusahaan asuransi terbesar di dunia ini meminta anggota pemerintahan Obama, Kenneth R Feinberg, supaya menyetujui pembayaran tersebut. Demikian dilaporkan The Washington Post, Kamis kemarin.

Walaupun AIG tidak memerlukan persetujuan pemerintah karena pembayaran ini adalah untuk kontrak pegawai pada tahun 2008, Washington Post mengatakan bahwa para eksekutif enggan untuk melanjutkan pembayaran tersebut tanpa persetujuan resmi dari pemerintah.

Feinberg memiliki wewenang untuk menolak rencana pembayaran yang dianggap berlebihan untuk perusahaan yang diuntungkan dari penerimaan dana talangan pemerintah sebesar 700 juta dollar AS.

Feinberg juga memiliki otoritas untuk meninjau kembali kompensasi bagi 100 karyawan dengan gaji terbesar di perusahaan itu.              

Bantuan yang telah dikucurkan untuk AIG mencapai angka 180 miliar dollar AS. Namun, dari jumlah itu, AIG mengalokasikan 450 juta dollar AS bagi pekerjanya sebagai bonus, termasuk untuk para pialang dalam unit keuangan produk yang telah mengantar perusahaan tersebut ke jurang kebangkrutan sehingga menyulut kemarahan publik dan kongres.

Pembayaran bagian pertama yang lebih awal dari pembayaran bonus ini telah membuat kongres mengesahkan undang-undang untuk membebani pajak yang besar kepada AIG dan perusahaan lainnya yang menerima dana bail out, walaupun Senat tidak menjalankan rencana tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com