Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Medco: Belum Ada Domestik yang Berani Beli Harga Tinggi

Kompas.com - 09/08/2009, 07:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Salah satu anggota konsorsium pengembangan proyek LNG Donggi Senoro, PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) memastikan belum ada pembeli domestik yang berani membayar dengan harga keekonomian. Dengan demikian, rencana ekspor LNG ke Kansai Electric Power Co Inc dan Chubu Electric Power Co Inc melalui PT Donggi Senoro LNG (DSLNG) merupakan skenario terbaik untuk melanjutkan pengembangan proyek tersebut.

"Yang sudah menawar dan akan membeli gas kami dengan harga yang bagus yaitu DSLNG. Suatu badan usaha tetap yang berinvestasi di Indonesia," kata Direktur Operasional Medco Lukman Mahfoedz, Jumat (7/8).

Sementara itu, Kepala BP Migas Raden Priyono memastikan, instansinya akan membantu konsorsium itu untuk mencari pembeli dalam negeri yang mau membayar dengan harga sesuai. "Tetapi mereka sebagai operator lapangan harus inisiatif juga mencari pembeli dalam negeri. Kan sudah ada tugasnya sendiri. Jika kami diminta tolong mencarikan pembeli, ya, bisa saja," katanya.

Sebelumnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Purnomo Yusgiantoro menyarankan agar konsorsium itu melupakan rencana penjualan gas alam cair ke luar negeri, melainkan memfokuskan diri untuk mencari pembeli dalam negeri yang bersedia membayar dengan harga tinggi. (Gentur Putro Jati/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com