Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usaha Manisan Mangga Cirebon

Kompas.com - 10/10/2009, 05:43 WIB

 Oleh Timbuktu Harthana

KOMPAS.com - Melimpahnya buah mangga di Cirebon merupakan sumber produk makanan olahan yang kaya rasa. Salah satunya, manisan mangga buatan keluarga Handrawati (45) yang menjadi oleh-oleh khas dari ”Kota Udang” ini.

Tak banyak orang tahu, sebagian manisan mangga yang dibeli wisatawan di toko oleh-oleh di Kota Cirebon itu berasal dari sebuah rumah sederhana di Jalan Garuda, Kota Cirebon.

”Hampir 80 persen manisan mangga yang kami buat dibeli toko oleh-oleh tanpa merek. Mereknya mereka buat sendiri sesuai nama toko masing-masing atau nama dagangnya. Hanya 20 persen yang pakai merek kami sendiri,” ujar Handrawati, yang menggunakan merek Taci Kembar pada produk manisan mangganya.

Saat ini, sudah mulai banyak pelancong yang datang ke Cirebon mengenal manisan mangga Taci Kembar. Mereka terkadang sengaja datang ke rumah Wawa, panggilan akrab Handrawati. Dia sudah merintis bisnis ini selama 30 tahun.

Sukses bisnis Wawa diraih berkat kegigihan. Jatuh bangun dan kegagalan usaha dalam usaha manisan mangga sudah pernah dialaminya.

Semua anggota keluarganya pun ikut terlibat dalam memasarkan manisan mangga ini. ”Kami dari keluarga biasa. Kalau barang tidak terjual, kami tidak bisa sekolah. Jadi, di sekolah, saya juga jualan manisan mangga,” kenang Wawa.

Usaha pembuatan manisan mangga dimulai sebelum tahun 1970 oleh almarhum kakak perempuan dari ayah Handrawati.

Mulai tahun 1980-an, usaha pembuatan manisan mangga diteruskan Handoko, ayah Handrawati. Karena respons pasar bagus, pemasaran mulai diperluas sampai ke Bandung, Cianjur, Jakarta, Semarang, dan Surabaya.

Asli dan alami

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com