Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diusulkan, Pembentukan Lembaga Pembiayaan untuk Pangan dan Pertanian

Kompas.com - 29/10/2009, 19:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Usulan pembentukan lembaga pembiayaan yang fokus untuk sektor pangan dan pertanian bergulir dalam National Summit. Demikian disampaikan Deputi Menteri Perekonomian Koordinator Perekonomian Bidang Pertanian dan Kelautan Bayu Krisnamurthi, seusai acara National Summit, di Jakarta, Kamis (29/10).

"Itu saya kira juga serius. Saya tidak bisa mengatakan khusus pertanian, tetapi itu lembaga pembiayaan yang kegiatannya dedicated untuk pangan dan pertanian sehingga sesuai dengan karakter pangan dan pertanian," jelas Bayu.

Lembaga ini, tambah Bayu, dapat berupa bank ataupun nonbank. Dalam National Summit, Bayu menjadi fasilitator di Komisi II yang membawahi bidang ketahanan pangan. Di sana, Bayu mengakui, pemerintah banyak menerima masukan dari pemangku kepentingan.

Menurutnya, seluruh usulan tersebut akan menjadi bahan rekomendasi bagi program kerja 100 hari kerja pemerintah mendatang. Bahkan, bila nantinya rencana pembentukan lembaga pembiayaan ini menemui ganjalan karena peraturan perundangan maka pemerintah akan mengkaji kembali peraturan tersebut.

"Kalau semangatnya Pak SBY siapa bilang kita tidak bisa. Jadi kalau harus diamandemen 1 atau 2 pasal tidak apa-apa, tetapi kita akan lihat secara menyeluruh," tandasnya.

Kendati demikian, dia menegaskan, usulan ini bukan merupakan keputusan akhir yang diambil oleh pemerintah. Pemerintah akan menelaah kembali berbagai usulan yang masuk nantinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com