Franchise Makanan, Pilihan Berbisnis di Indonesia - Kompas.com

Franchise Makanan, Pilihan Berbisnis di Indonesia

Kompas.com - 04/12/2009, 16:40 WIB

HONG KONG, KOMPAS.com - Besarnya populasi penduduk di Indonesia sekitar 234 juta orang membuat Indonesia selalu dilirik oleh kalangan pengusaha dunia, terutama usaha makanan.

Dalam seminar bertajuk 'ASEAN-An Important Growth Engine in Asia' di rangkaian World Small-Medium Enterprise (SME) Hong Kong, Jumat (4/12), Kepala Departemen Hubungan Internasional Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia (APRINDO) Anthony Suryakusuma mengatakan usaha retail makanan di Indonesia terus berkembang sehingga menjadi peluang yang menjanjikan bagi pengusaha internasional, termasuk Hong Kong. "Penetrasi retail makanan modern 20 persen dan akan terus berkembang," ujarnya.

Menurut Anthony, hal ini didukung oleh fakta bahwa Foreign Direct Investment (FDI) terbesar selama 10 tahun adalah mineral, energi dan makanan. Anthony menunjukkan pasar Carrefour, Hero, dan minimarket sebagai retail makanan modern yang perkembangannya mencengangkan. Ia menambahkan para investor dapat menggunakan sistem franchise untuk mencoba peruntungan bisnis retail makanan di Indonesia. "Franchise mungkin menjadi pilihan yang baik karena regulasi cukup mendukung," lanjutnya.

Menurut data APRINDO, saat ini terdapat 8.500 outlet yang ada di Indonesia, terdiri dari 7.650 minimarket, 435 supermarket, 130 hypermarket, dan 285 department store.

Jawa Bisa Jadi Pilihan

Di depan forum, Anthony dengan jujur mengatakan bahwa populasi terbesar Indonesia ada di Pulau Jawa. Selain itu, infrastruktur di pulau ini, terutama Jakarta, adalah yang terbaik dibanding wilayah lain.

Menjawab pertanyaan sejumlah pengusaha soal kota lain pun, Anthony mengatakan mereka bisa berpikir mengembangkan bisnis di Surabaya, Medan, Makassar dan Denpasar.

"Tapi saat berbisnis, pastikan siapa yang mau kau pilih jadi partner. Kau harus memilih partner terbaik karena akan memfasilitasimu dengan baik untuk memilih jalan dengan hasil yang efisien," tegasnya.

Editorwsn
Close Ads X