Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Pengangguran Bertambah 12,47 Persen

Kompas.com - 11/12/2009, 21:18 WIB

GORONTALO, KOMPAS.com - Jumlah pengangguran di Provinsi Gorontalo selama 2009 bertambah karena kurangnya lapangan pekerjaan di daerah tersebut.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Gorontalo Soegarenda, Jumat (11/12) mengatakan pada Agustus 2009 jumlah pengangguran di provinsi itu bertambah menjadi 26.351 orang dari 23.429 orang pada Februari 2009.

"Jadi dalam selang waktu setengah tahun, jumlah pengangguran di Gorontalo bertambah 2.922 orang atau 12,47 persen," ujarnya.

Sementara itu, tingkat pengangguran terbuka (TPT) pada Agustus 2009 mencapai 5,89 persen, naik dibanding Februari 2009 yang hanya 5,06 persen.

Hal yang sama juga terjadi bila dibandingkan dengan keadaan Agustus 2008 yang mencapai 5,56 persen.

Menanggapi hal tersebut, Pelaksana Tugas Gubernur Gorontalo Gusnar Ismail mengatakan akan mengatasi pembengkakan pengangguran melalui tiga program unggulan.

"Sektor pertanian dan perikanan membuka lapangan kerja seluas-luasnya dan kami sedang gencar memotivasi masyarakat agar tak terjebak dengan pola pikir lama," ujarnya.

Sejauh ini, sebagian besar masyarakat Gorontalo berpikir, lapangan pekerjaan yang menjanjikan hanya pegawai negeri sipil (PNS).

Akibatnya, jumlah pengangguran terus bertambah karena kuota PNS yang disediakan pemerintah terlalu kecil untuk mengakomodasi seluruh pengangguran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com