Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kantor Pos Solo Bagikan Kartu Natal dan Tahun Baru Gratis

Kompas.com - 25/12/2009, 19:36 WIB

SOLO, KOMPAS.com - Untuk mendongkrak pengiriman, Kantor Pos Solo membagikan kartu ucapan Natal dan Tahun Baru gratis. Seperti halnya pengiriman kartu lebaran, tren pengiriman kartu Natal dan Tahun Baru dari tahun ke tahun menunj ukkan penurunan. Ini terjadi sejak maraknya pemanfaatan teknologi internet dan seluler untuk berkirim ucapan.

Wakil Kepala Kantor PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Solo M Yusuf ZE mengatakan, pada masa jayanya pengiriman kartu ucapan pada hari raya dapat mencapai ratusan ribu lembar. Namun saat ini menurun drastis.

"Untuk kartu ucapan Natal dan Tahun Baru kami memang tidak mendata khusus karena jumlah pengiriman memang tidak banyak. Namun tren bisa kita baca dari pengiriman kartu lebaran," kata Yusuf, Jumat (25 /12/2009).

Diungkapkan Yusuf, pada masa lebaran 2009 jumlah pengiriman kartu lebaran sebesar 54.342 lembar sedangkan pada tahun 2008 sebanyak 46.134 lembar. Sedangkan untuk penerimaan kartu lebaran pada 2009 mencapai 27.933 lembar sementara pada tahun 2008 hanya 24.717.

"Ada peningkatan karena kami mulai membagikan kartu lebaran gratis. Pelanggan tinggal membeli perangko saja. Ini tahun kedua kami membagikan kartu gratis. Pada saat tahun pertama belum banyak pelanggan tahu dan distribusi mepet hari raya. Meski ada peningkatan jumlah ini sangat turun drastis karena biasanya musim lebaran bisa ratusan ribu kartu terkirim," kata Yusuf.

Pernah pula Kantor Pos membuat terobosan mencetak perangko prisma yang memuat foto diri pengirim serta layanan pesan singkat 161. Pelanggan yang memiliki telepon seluler tinggal mengirim pesan ke 161 untuk mengirim kartu ucapan ke seseorang yang tidak memiliki telepon seluler. Di kantor pos tujuan, kartu akan dicetak dan diberikan kepada penerima.

"Ini pun tidak berhasil karena sekarang handphone murah, hampir setiap orang punya handphone," kata Yusuf.

Supervisor Pemasaran Kantor Pos Solo Hanin Fathan mengatakan, untuk Natal dan Tahun Baru ini, rencananya pihaknya akan mendistribusikan 4.000 kartu yang memiliki dua macam disain, yakni kartu bergambar lilin dan Pasar Klewer dengan ucapan Selamat Hari Natal dan Tahun Baru serta kartu bergambar Pura Mangkunegaran dan Keraton Surakarta bertuliskan Selamat Tahun Baru.

"Kartu ucapannya memang kita kemas sebagai kartu wisata dengan sentuhan Natal atau Tahun Baru," kata Hanin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com