Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekspor Tekstil Ditargetkan Tembus 10,66 Miliar Dollar AS pada 2010

Kompas.com - 30/12/2009, 17:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Asosiasi Pertekstilan Indonesia menargetkan ekspor tekstil dan produk tekstil (TPT) Indonesia dapat kembali menembus angka 10,66 miliar dollar AS pada 2010. Demikian yang diungkapkan Ketua Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Benny Soetrisno saat jumpa pers Kinerja Industri TPT Indonesia 2009 dan Target 2010 di Kantor Sekretariat API Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (30/12/2009).

Hal tersebut didasarkan asumsi bahwa pada tahun 2010, pemulihan ekonomi di negara-negara maju sudah tuntas. Dengan demikian, permintaan terhadap produk TPT dapat meningkat. Hal ini berarti ekspor TPT Indonesia juga meningkat.

Seperti yang diberitakan, pada tahun 2009, nilai ekspor dan impor industri TPT menurun beberapa persen. Ekspor TPT pada tahun 2009 hanya mencapai 9,4 miliar dollar AS dengan jumlah impor sebesar 3,2 miliar dollar AS yang keduanya lebih rendah dibandingkan tahun lalu.

Selain penurunan nilai ekspor dan impor industri TPT akibat krisis ekonomi negara maju, industri TPT masih harus menghadapi tantangan kebijakan perdagangan bebas berdasarkan perjanjian FTA ASEAN-China yang akan berlaku 1 Januari 2010. Bea masuk 0 persen dari China berdasarkan perjanjian tersebut akan berdampak serius bagi pasar domestik TPT. Terlebih hingga saat ini, China telah menguasai 15 persen pasar TPT domestik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com