Inilah 12 Jawara Wirausahawan Muda - Kompas.com

Inilah 12 Jawara Wirausahawan Muda

Kompas.com - 22/01/2010, 17:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Demi mendorong lahirnya lebih banyak wirausahawan muda Indonesia, Bank Mandiri, Jumat (22/1/2010) memberikan penghargaan kepada 12 pengusaha muda.

Mereka yang terpilih dari Program Wirausaha Mandiri tersebut adalah mahasiswa-mahasiswa yang diseleksi dari 200 perguruan tinggi yang ada di seluruh Indonesia. Pemenang terdiri dari kategori mahasiswa Diploma dan Sarjana serta kategori mahasiswa Pascasarjana dan Alumni.

"Kita bahagia sekali karena ini adalah tahun ke-4. Workshop Mandiri ini diikuti oleh mahasiswa maupun pascasarjana dari 200 perguruan tinggi di seluruh Indonesia," kata Direktur Utama Bank Mandiri Agus Martowardojo, kepada wartawan, di Jakarta, Jumat (22/1/2010).

Lebih lanjut Agus berharap, mereka yang lahir dalam Program Wirausaha Mandiri tersebut dapat menancapkan kakinya di dunia usaha guna menggerakkan perekonomian masyarakat sekitar. "Apabila kita dapat menciptakan setidaknya 2 persen enterpreneur dari total penduduk Indonesia, maka negara yang makmur akan terwujud," tandasnya.

Pemenang-pemenang tersebut telah masa penyeleksian selama tiga bulan yang diawali dengan pendaftaran di sembilan titik pelaksanaan, yaitu Medan, Palembang, Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Banjarmasin, Makassar, dan Denpasar.

Pemberian penghargaan yang juga dihadiri Wakil Presiden RI Boediono, Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menteri Negara BUMN Mustafa Abubakar, Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad, dan Wakil Menteri Pendidikan Nasional Fasli Jalal, tersebut juga dihadiri oleh 4.000 mahasiswa di Jadebotabek yang sedang mengikuti worksop Wirausaha Mandiri.

Penghargaan tersebut terdiri atas tiga kategori bidang usaha, yaitu industri dan jasa, boga, dan kategori kreatif.

Dari kategori mahasiswa program sarjana dan diploma, kategori usaha industri dan jasa, pemenang I adalah Ance Trio Marta (IPB) dan pemenang II Tri Wahyudi (Universitas Diponegoro).

Kategori Boga, pemenang I yaitu Dymas Tunggul Panuju (Universitas Brawijaya), dan pemenang II adalah Saiqa Ilham Akbar BS (UGM).

Sementara untuk kategori kreatif, dimenangkan oleh Brian Arfi Faridhi (ITS), pemenang II Indra Haryadi (UGM). Selanjutnya, untuk kategori Alumni dan Pascasarjana, di bidang usaha Industri dan Jasa, pemenang I adalah Agung Nugroho (UGM), dan pemenang II Rudik Setiawan (Universitas Muhammadiyah). Kategori boga, dimenangkan oleh Tririan Arianto (STT Telkom) dan Toni Hadi Putra (Universitas Jenderal Ahmad Yani).

Terakhir, pada kategori kreatif, pemenang I yaitu Muhammad Satrianugraha (Institut Teknologi Nasional), dan pemenang II Atthur Sahadewa Widjaja (IST Akprind Yogyakarta).


EditorEdj

Close Ads X