Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Maju? Amankan Pasar Domestik

Kompas.com - 30/01/2010, 10:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Meski hadir sebagai seorang teknokrat, pemikiran mantan Presiden BJ Habibie tak terbatas dalam pengertian teknologi yang sempit. Menurut Habibie, teknologi adalah rangkuman dari sejumlah disiplin ilmu pengetahuan teknologi, termasuk perekonomian.

Menurut Habibie, disiplin ilmu sangat dibutuhkan untuk mengembangkan produk pasar domestik, di mana pendidikan serta pelaksanaan riset dan teknologi menjadi strategi yang harus diarahkan pada kebutuhan pasar.

"Pasar domestik adalah satu-satunya penggerak utama pendidikan, pelaksanaan riset dan teknologi, serta penyediaan lapangan kerja. Oleh karena itu, adalah wajar dan bijak jika pasar domestik diamankan untuk membina produk dalam negeri, baik perangkat keras, perangkat lunak, maupun perangkat pemikiran," tuturnya seusai menerima gelar honoris causa dari Universitas Indonesia di Balairung UI, Sabtu (30/1/2010).

Habibie mengatakan, Indonesia patut bersyukur karena faktor pendidikan telah memiliki pijakan yang tepat dalam UUUD 1945. Hanya saja, perlu pemikiran yang lebih brilian untuk menerjemahkan amanah UUD itu ke dalam penyelenggaraan pendidikan yang terarah sesuai dengan kebutuhan pasar. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com