Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Merauke Food Estate" untuk Ketahanan Pangan

Kompas.com - 03/02/2010, 20:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam rangka mengupayakan ketahanan pangan Indonesia untuk jangka panjang,  pemerintah mempersiapkan program Merauke Food Estate. Dalam program Merauke Estate ini, pemerintah memberdayakan lahan-lahan potensial dan belum tereksplorasi yang ada di Merauke, Papua untuk dijadikan lahan produksi tanaman pangan.

Dijelaskan Wakil Menteri Pertanian Bayu Krisnamurti, Merauke Food Estate adalah salah satu dari sekian banyak usaha yang dilakukan oleh pemerintah untuk mengupayakan ketahanan pangan dalam jangka waktu yang panjang.

"Merauke Food Estate untuk jangka waktu panjang, bukan untuk jangka pendek. Jadi, jangan mengukur capaian hasilnya dalam jangka pendek," ujar Bayu saat ditemui dalam acara diskusi terkait soal ketahanan pangan di Wisma Antara, Jakarta, Rabu (3/2/2010).

Terkait program Merauke Food Estate tersebut, saat ini pemerintah sedang menyiapkan lahan untuk pertanian beras dan tebu yang nantinya akan diorientasikan untuk ekspor dan swasembada pangan.

Lebih kurang 8.000 sampai 10.000 hektare lahan telah disiapkan untuk pertanian beras dan lahan seluas minimal 30.000 hektare juga telah disiapkan untuk pertanian gula.

Kabarnya, untuk mendukung program Merauke Food Estate ini akan ada 36 investor yang menanamkan modalnya di Merauke. Sekitar 28 di antaranya adalah investor asal dalam negeri dan sisanya adalah investor asing.

Rencananya, program Merauke Food Estate akan diresmikan pemerintah langsung di Merauke, Papua, pada 27 Februari 2010 nanti. Peresmian akan dilakukan langsung oleh beberapa menteri. Termasuk di antaranya Menteri Pertanian, Suswono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com