Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Tabungan Tanpa Biaya Administrasi

Kompas.com - 15/02/2010, 15:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia bersama perbankan nasional, Senin (15/2/2010), meluncurkan produk bersama "TabunganKu". Peluncuran produk bersama ini masih terkait dengan Gerakan Indonesia Menabung yang dicanangkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Produk "TabunganKu" merupakan suatu produk tabungan yang secara khusus diperuntukan bagi masyarakat ekonomi menengah ke bawah, tanpa dikenakan biaya administrasi.

"Bank Indonesia dan perbankan memiliki komitmen agar masyarakat menumbuhkan kembali budaya menabung, sekaligus mengurangi budaya konsumtif," kata Pjs Gubernur BI Darmin Nasution kepada wartawan di Jakarta, Senin.

Bank umum peserta produk "TabunganKu" terdiri dari 70 bank umum dan Bank Pembangunan Daerah (konvensional dan syariah). Darmin mengatakan, "TabunganKu" adalah tabungan untuk perorangan dengan persyaratan mudah dan ringan yang diterbitkan secara bersama-sama guna menumbuhkan budaya menabung.

Produk "TabunganKu" memberikan bunga sebesar 0,75 persen tanpa dikenakan biaya administrasi. Tidak disertakannya fasilitas ATM, membantu dihilangkannya biaya administrasi. Setoran awal pembukaan rekening "TabunganKu" di bank umum minimum Rp 20 ribu sedangkan di Bank Pembiayaan Rakyat/Syariah minimun Rp 10 ribu.

"Produk ini ditargetkan menjaring sekitar 48 juta penabung tambahan terutama dari masyarakat menengah ke bawah," kata Darmin.

Sementara, dalam kesempatan yang sama Presdir CIMB Niaga Arwin Rasyid menyambut baik peluncuran tersebut. CIMB Niaga yang turut berpartisipasi dalam produk ini, kata Arwin, menilai produk "TabungaKu" merupakan sebuah proyek yang cemerlang dan tidak merugikan pihak bank umum. "Ini bukan produk rugi. Ini produk cemerlang. Ini tidak ada ATM khusus, mereka ini budget service diminimalisir," tuntasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com