Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Villa Domba, Tempat Belajar Vanili dan Domba

Kompas.com - 02/03/2010, 15:23 WIB

KOMPAS.com -  "Halo, rumputnya mau ditimbang? Terus saja ke sana . Mau jajan ya," kata Agus Ramada (31) dengan ramah kepada beberapa anak yang menghampirinya. Lain waktu, ia berpapasan dengan pegawainya. "Wah, jagoan mau kemana nih," sapanya sambil tersenyum .

Begitulah keseharian Agus dalam menjalankan usahanya yakni Villa Domba di Desa Jatisari, Kecamatan Cangkuang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Tak hanya pegawai dan anak-anak pencari rumput untuk pakan ternak terlihat di sana tetapi juga mereka yang hendak belajar agrobisnis.

"Di sini, terdapat peternakan domba dan perkebunan vanili. Jadi, tamu bisa belajar tentang usaha agrobisnis itu," kata Agus. Seperti yang terlihat siang itu, sebanyak lima mahasiswa Prasetiya Mulya Jakarta tengah belajar untuk menyusun rencana bisnis tentang perkebunan vanili.

Agus memang tak mau kikir membagi ilmunya. Di Villa Domba, mereka yang tertarik untuk datang akan disambut dengan baik. Villa Domba terbuka untuk akademisi, pengusaha, hingga petani lokal. Jika rombongan yang datang ramai, jumlah pengunjung bisa mencapai 30 orang per hari.

Jumlah ternak Villa Domba saat ini sudah hampir 1.000 ekor. Sebagian dari domba itu didistribusikan kepada peternak lokal untuk dikerjasamakan dengan pola kemitraan. Sementara, jumlah pohon vanili mencapai 7.000 batang di lahan seluas tujuh hektar.

Mereka yang pernah singgah tid ak hanya berasal dari Bandung, Jakarta, Balikpapan, hingga Papua. Wisatawan asing seperti dari China, Italia, Malaysia, Perancis, dan Inggris juga datang ke Villa Domba. Keramahan Agus tak hanya ditunjukkan kepada tamu.

Keberadaan Villa Domba dengan warga sekitar pun seakan tak berjarak. Agus selalu memanggil nama warga di Desa Jatisari yang dikenalnya. Kedekatan dengan penduduk ditunjukkan dengan tidak adanya pagar di kawasan Villa Domba.

Warga bebas hilir mudik jika memiliki keperluan dengan Agus. Meski demikian, keamanan Villa Domba justru tak terganggu. Soalnya, warga sekitar diberdayakan sebagai peternak mitra. "Malah, mereka turut menjaga Villa Domba," katanya.

Penduduk ikut merasa memiliki tempat itu karena mereka merasakan manfaat Villa Domba yang bisa ditempuh dengan berkendara selama kurang lebih satu jam dari Kota Bandung. Peternak lokal bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari program penggemukan dan pembibitan domba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com