Kamis, 2 Oktober 2014

/ Bisnis & Keuangan

25 Perusahaan Thailand Produksi Suku Cadang di Indonesia

Rabu, 24 Maret 2010 | 12:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebanyak 25 perusahaan Thailand melirik Indonesia. Mereka berencana untuk membangun pabrik spare part mobil dan sepeda motor di Indonesia dalam waktu dekat ini.

Hal ini diungkapkan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Gita Wirjawan di sela-sela jumpa pers Persiapan Indonesia Summit, di Hotel Shangri-La, Jakarta, Rabu (24/3/2010).

"Kalau enggak salah ada 25 perusahaan Thailand. Mereka mencari peluang untuk membangun pabrik spare part. Ini bagus karena selama ini mereka cukup piawai untuk menarik investasi di Thailand. Di bidang mobil dan sepeda motor," ujar Gita. Rencananya, pabrik ini bakal dibangun di Pulau Jawa.

Namun, lebih jauh Gita enggan membeberkan berapa nilai aliran modal dari Thailand itu. Menurut Gita, perusahaan asal Thailand itu tertarik untuk berinvestasi di Indonesia karena melihat peluang yang besar. " Ya mereka kelihatannya melihat opportunity yang baru," cetusnya.

Saat ini pihaknya tengah menjembatani pertemuan antara 25 perusahaan asal Thailand itu dan asosiasi pengusaha di Indonesia, seperti Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia ataupun Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) guna menjalin kemungkinan kerja sama.

"Nilainya belum tahu. Ya kita datangkan kawan-kawan dari Kadin dan Hipmi dan asosiasi untuk memberikan pencerahan," papar Gita.


Editor : jimbon