Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rene Suhardono: Fokus Karier adalah "Happiness"

Kompas.com - 24/03/2010, 20:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemahaman banyak pihak mengenai karier selalu dibatasi dengan uang, jabatan, dan fasilitas. Padahal, ada hal-hal lain yang justru lebih penting dibandingkan ketiganya. "Pemahaman karier bukanlah uang, jabatan, atau fasilitas, melainkan happiness dan fulfillment," ujar Career Coach Rene Suhardono saat konferensi pers di Plaza Kuningan, Jakarta, Rabu (24/3/2010).

Ia menambahkan, sesuatu yang dilakukan harus bisa dimaknai dan memberikan kebahagiaan untuk diri sendiri. "Kebahagiaan atau happiness ini akan berdampak luas. Tak hanya untuk diri kita, tapi juga untuk lingkungan sekitar. Ketika kita bahagia, kita akan lebih peduli terhadap lingkungan sekitar," ucapnya.

Hal-hal itulah yang berusaha dikemukakan Rene dalam bukunya yang berjudul You Job Is Not Your Career yang diluncurkan hari ini. "Melalui buku ini saya berusaha untuk menyentil orang yang selalu merasa takut untuk meraih happiness-nya. Saya tidak memberikan jawaban dalam buku ini, tetapi memunculkan kegelisahan sehingga orang akan bertanya pada diri sendiri dan berusaha menemukan happiness dan passion-nya," tandas Rene.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com