Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dirjen Pajak: Beri Kami Kesempatan untuk Berbenah

Kompas.com - 30/03/2010, 10:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kasus Gayus Tambunan benar-benar sudah mencoreng wajah Direktorat Jenderal Pajak. Maka itu, Direktur Jenderal Pajak Mochamad Tjiptardjo khawatir, kasus tersebut dapat berpengaruh terhadap penerimaan pajak tahun ini.

Supaya pemasukan pajak tidak menurun gara-gara kasus Gayus, Tjiptardjo berjanji akan menuntaskan masalah tersebut sehingga tidak merembet ke mana-mana. "Kami berjuang sekuat tenaga, tapi kami tidak akan berhasil kalau tidak dibantu masyarakat," ujarnya, Senin (29/3/2010).

Tjiptardjo menegaskan, Ditjen Pajak akan bekerja ekstrakeras untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat. "Beri kami kesempatan untuk berbenah," kata Tjiptardjo. Karena itu, dia berharap, wajib pajak orang pribadi tetap menyampaikan surat pemberitahuan tahunan (SPT) yang batas penyerahannya akhir Maret 2010 ini.

Dirjen Pajak Tjiptardjo juga berjanji akan memeriksa keterlibatan pegawai pajak lainnya, termasuk atasan Gayus. Pemeriksaan akan bertahap, dari pegawai level bawah dulu sampai atas. Kalau memang tidak melakukan kesalahan, mereka tidak perlu takut diperiksa. "Apa boleh buat, kami harus bersihkan semuanya," ujarnya.

Gerakan masyarakat memboikot membayar pajak makin menguat. Lewat jejaring sosial Facebook, muncul antara lain "Gerakan 1.000.000 Facebookers Dukung Boikot Bayar Pajak untuk Keadilan". (Epung Saepudin, Lamgiat Siringoringo/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com