Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari Hobi Mampu Sokong Ekonomi Keluarga

Kompas.com - 11/04/2010, 04:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Hobi kreatif seringkali membawa hasil yang menguntungkan bagi seseorang. Contohnya, Asniar, warga Kelurahan Kebon Kosong ini, mampu menyokong ekonomi keluarga dari hobinya membuat pernak-pernik.

Hal ini mungkin terdengar biasa saja. Apalagi yang dihasilkan awalnya hanya berupa tas, bros dan cincin saja. Namun, lima tahun terakhir ini, Asniar mulai mengembangkan usahanya dengan memasarkan hiasan bunga dari akrilik.

Jika dilihat dari jauh, hiasan bunga akrilik ini tidak berbeda jauh dengan hiasan bunga kristal yang harganya jauh lebih mahal.

"Sekitar lima tahunan lah, saya mulai membuat hiasan bunga seperti ini. Bahannya sih mudah didapat kemudian tinggal dirangkai saja dengan tali kenur. Saya sengaja tidak pakai lem karena biasanya cepat lepas." tutur ibu dari enam anak ini.

Kisaran harga bunga per tangkainya adalah Rp. 15.000,-. Namun, jika beli per pot atau per vas harganya berkisar antara Rp.60.000,- sampai Rp.250.000,-.

Distribusi hiasan bunga ini pun ternyata sudah merambah Palembang dan Lampung. "Kalau di Palembang dan Lampung, saya titip ke toko-toko. Untuk wilayah Jakarta, saya titipkan saja ke anak-anak atau teman-teman yang sudah saya percaya." ungkap Asniar.

Asniar juga menambahkan bahwa hiasan bunga karyanya ini menjadi produk unggulan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk Kelurahan Kebon Kosong.

"Waktu itu, saya ikutkan karya saya ini eh banyak yang minat dan jadi produk unggulan." ucap Asniar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com