Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laba Telkom Kuartal I Rp 2,77 Triliun

Kompas.com - 30/04/2010, 20:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Laba bersih operator besar telekomunikasi pada kuartal I tahun 2010 ini, pada umumnya mengalami kenaikan dibandingkan periode sama tahun sebelumnya. PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk, misalnya mencatat kenaikan laba bersih triwulan I-2010 sebesar 12,98 persen menjadi Rp 2,77 triliun.

"Kenaikan laba bersih operator ini, secara umum dapat dilihat dari pertambahan jumlah pemilik kartu SIM," kata pengamat telekomunikasi Moch Hendrowijono, Jumat (30/4/2010) di Jakarta.

Hendrowijono mengatakan, sebenarnya jumlah pelanggan hampir dapat dikatakan tetap, tapi promosi menyebabkan satu pelanggan mempunya dua hingga tiga kartu SIM. "Itu sebenarnya tidak gratis, karena kartu itu tetap harus diisi ulang. Dan itu, merupakan pendapatan bagi operator," kata dia.

Dikatakan Hendrowijono, saat ini pun terjadi pergeseran pendapatan. Sebagian besar pendapatan operator, kini berasal dari telepon selular dan data (koneksi internet). Sedangkan layanan telepon rumah, sudah tak lagi terlalu menghasilkan.

Dari pendapatan Telkom pada triwulan I-2010 sebesar Rp 16,587 triliun, diketahui dari telepon tidak bergerak Rp 3,34 triliun, seluler Rp 6,69 triliun, interkoneksi Rp 1 triliun, data, internet dan jasa teknologi infor matika Rp 4,995 triliun, jaringan Rp 277,5 miliar dan jasa telekomunikasi lainnya adalah Rp 265 miliar.  Sementara aset perseroan tercatat naik menjadi Rp 96,54 triliun dari sbeelumnya yang sebesar Rp 91,37 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com