Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karakter Wirausaha Indonesia Rendah

Kompas.com - 15/05/2010, 21:59 WIB

PONTIANAK, KOMPAS.com  - Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Erwin Aksa mengatakan, karakter wirausaha bangsa Indonesia rendah karena pola pikir orang tua mendorong anak untuk menjadi pegawai.

"Karakter wirausaha Indonesia beda jauh dengan China atau India, yang sudah sangat kuat budaya dagangnya," kata Erwin Aksa di Pontianak, Sabtu.

Menurut dia, salah satu penyebabnya karena sejak Indonesia dijajah Belanda anak didorong oleh orang tuanya untuk menjadi pegawai.  "Orang tua lebih bangga kalau anaknya menjadi pegawai," kata dia.

Padahal, lanjut dia, pengusaha sekarang lebih banyak mempunyai kesempatan dibanding pegawai dalam mengembangkan potensi diri maupun taraf hidup.

Ia melanjutkan, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) mendorong agar budaya wirausaha muncul di generasi muda.  Ia menambahkan, saat ini ada kecenderungan pengusaha masuk ke dunia politik.

Di DPR RI, ada sekitar 60 anggotanya berasal dari Hipmi di seluruh daerah. "Belum lagi di tingkat kabupaten, kota, provinsi, yang menjadi gubernur, bupati atau wali kota," kata Erwin Aksa.

Ia mengingatkan anggota Hipmi yang akan berpolitik menyiapkan fondasi usaha dengan baik dan siap menerima kegagalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com