Kamis, 21 Agustus 2014

/ Bisnis & Keuangan

Tenaga Kerja

10.000 Lowongan Kerja di Luar Negeri

Minggu, 30 Mei 2010 | 15:19 WIB

Terkait

BANDUNG, KOMPAS.com Bursa kerja yang diselenggarakan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia di Bandung 29-30 Mei 2010  menawarkan sedikitnya 10.000 pekerjaan di luar negeri untuk diisi para calon TKI.

Direktur Sosialisasi dan Kelembagaan BNP2TKI Yunafri selaku penanggung jawab bursa kerja itu di Bandung, Minggu (30/5/2010), mengatakan bahwa lowongan kerja tersebut dikhususkan bagi calon TKI sektor formal yang terampil dan semi-terampil.
     
Lowongan pekerjaan itu, katanya, berasal dari Kanada, Australia, Selandia Baru, Spanyol, Malaysia, Singapura, Taiwan, negara-negara kawasan Timur Tengah, dan Amerika Serikat.
     
Sektor pekerjaan yang disediakan antara lain jasa dan pelayanan di restoran, perhotelan, staf administrasi rumah sakit, sektor konstruksi, perminyakan, teknologi informasi, perawat medis, pengasuh orangtua, perkebunan, pengelasan, perikanan, pertanian, pengolahan kayu, kapal pesiar, manufaktur, dan bidang pekerjaan musiman (seasonal workers) atau pemetik buah anggur dan apel.

"Sejumlah pekerjaan tersebut disediakan oleh 40 perusahaan pengerah TKI luar negeri atau pelaksana penempatan TKI swasta yang menjadi peserta bursa kerja itu," kata Yunafri.

Ia menambahkan, bursa kerja itu mencakup pekerjaan program government to government (G to G) yang diselenggarakan BNP2TKI, baik ke Korea Selatan maupun Jepang, termasuk program kerja magang ke Jepang selama tiga tahun untuk para pencari kerja baru di luar G to G.

Dalam pameran yang mendapat sambutan cukup luas dari pengunjung itu, kata Yunafri, akan diberikan informasi detail mengenai ketersediaan lowongan kerja di luar negeri dari peserta.

"Tinggal para calon TKI terus berhubungan dengan perusahaan pengerah TKI tersebut agar masing-masing dapat memproses untuk bisa bekerja ke luar negeri," ujarnya.

Yunafri berharap, calon TKI atau pencari kerja baru betul-betul memanfaatkan besarnya peluang kerja di luar negeri karena di samping kesempatannya selalu terbuka, penghasilannya juga dinilai besar, yaitu berkisar jutaan hingga puluhan juta rupiah per bulan.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Editor : Erlangga Djumena
Sumber: