Senin, 24 November 2014

/ Bisnis & Keuangan

Prediksi Inflasi 2011 Capai 6 Persen

Selasa, 1 Juni 2010 | 13:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam kondisi pemulihan ekonomi global tahun ini hingga tahun depan, Ekonom Standard Chartered Bank Eric Sugandi justru memprediksikan tingkat inflasi di akhir tahun 2011 bisa mencapai 6 persen. Meningkat 1 persen dari prediksi tingkat inflasi di akhir tahun 2010 sebesar 5 persen.

Menurutnya, tingkat inflasi di Indonesia akan terakselerasi seiring dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Pertumbuhan ekonomi Indonesia ini dipengaruhi oleh pulihnya perekonomian dunia.

Seiring dengan pulihnya perekonomian dunia itu, terdapat kemungkinan meningkatnya harga minyak dunia di 2011. Kenaikan ini akan mempengaruhi harga bahan bakar minyak tak bersubsidi di dalam negeri. "Tentu akan berakibat pada meningkatnya biaya produksi korporat meski harga BBM bersubsidi tidak dinaikkan. Ini kemudian akan pengaruhi biaya lain-lain, seperti biaya transport," katanya.

Karena tekanan inflasi pula di 2011, Eric memprediksikan BI rate akan dinaikkan hingga 8 persen dengan kenaikan berturut-turut masing-masing 25 basis point dari Mei-Agustus 2011.


Editor : Glori K. Wadrianto