Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Bungkus 18 Pesawat Fixed Wing

Kompas.com - 03/06/2010, 09:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan membeli 18 pesawat fixed wing untuk keperluan Sekolah Tinggi Penerbang Indonesia (STPI) Curug tahun ini. Saat ini proses tender tengah berjalan dengan melibatkan beberapa produsen pesawat latih seperti Diamond, Piper dan Cessna.

Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Kemenhub Dedi Darmawan menjelaskan, 18 pesawat tersebut harusnya sudah dibeli tahun lalu. Namun proses tender waktu itu batal karena pemenang tidak bisa memenuhi spesifikasi pesawat yang diinginkan.

"Tendernya kami buka lagi untuk jumlah yang sama. Harga satu fixed wing di pasaran Rp 2,5 miliar. Jadi untuk 18 pesawat nilai totalnya Rp 45 miliar," kata Dedi, Rabu (2/6/2010).

STPI Curug tidak akan langsung menerima seluruh pesawat tersebut. Pasalnya, Kemenhub akan mendanai pengadaannya secara bertahap sampai tahun depan. Pengiriman perdana pesawat sendiri direncanakan dilakukan November 2010.

"Sekarang Curug sudah punya 33 pesawat fixed wing dan 3 helikopter latih. Tetapi semuanya pesawat tua, rata-rata usianya dibawah 1995," imbuhnya. (Gentur Putro Jati/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com