Senin, 28 Juli 2014

/ Bisnis & Keuangan

RAL Hidupkan Rute Pekanbaru-Jakarta

Kamis, 17 Juni 2010 | 16:50 WIB

Baca juga

PEKANBARU, KOMPAS.com - Maskapai Riau Airlines kembali menghidupkan rute Pekanbaru-Jakarta yang pernah ditutup pada awal tahun 2010 menyusul kehadiran pesawat Boeing 737-500 yang dijadwalkan tiba di Indonesia pada 23 Juni 2010.

"Rute primadona Pekanbaru-Jakarta kembali kita terbangi pada pertengahan bulan Juli 2010 karena pada akhir bulan kami mendapat penambahan satu dari dua armada Boeing 737-500," ujar Direktur Utama Riau Airlines, Teguh Triyanto didampingi Direktur Komersial, Revan Menzano, di Pekanbaru, Kamis (17/6/2010).

Dia menjelaskan, kehadiran dua unit armada yang memiliki kapasitas tempat duduk penumpang sekitar 130 kursi itu sedang dalam proses finalisasi izin dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan.

Riau Airlines menyewa pesawat Boeing 737 itu dari perusahaan leasing di Tanah Air berikut satu paket dengan perawatan pesawat, sehingga sejalan dengan efisiensi keuangan yang sedang dilakukan maskapai milik pemerintah daerah di Pulau Sumatera itu.

Sebelum dioperasikan pada pertengahan Juli 2010, bodi pesawat yang dimaksud juga akan dicat dan penambahan logo terbaru Riau Airlines yang akan diluncurkan oleh Gubernur Riau, Rusli Zainal, bersamaan dengan penerbangan perdana rute Pekanbaru-Jakarta.

Dewasa ini, maskapai yang didirikan pada tahun 2002 dan berkantor pusat di luar ibu kota Jakarta dengan mengambil home base Bandara Sultan Syarif Kasim II telah menerbangi 24 kota tujuan, baik dalam dan luar negeri menggunakan lima pesawat Fokker-50.

Kota-kota itu adalah Pekanbaru, Nias, Medan, Tanjung Pinang, Jambi, Natuna, Dabo Singkep, Palmatak, Jakarta, Pangkalan Bun, Semarang, Dumai, Lubuklinggau, Palembang, Denpasar, Mataram, Kupang, Labuan Bajo, Ende, Alor, Maumere, Bajawa, Ruteng, Manggarai Barat dan Melaka, Malaysia.

"Dengan rute Pekanbaru-Jakarta berikut penerbangan langsung ke Jakarta dari sejumlah daerah di Kepulauan Riau yang juga dihidupkan, kami berharap bisa melayani kebutuhan masyarakat yang pergi ke ibu kota," ujar Teguh.

Direktur Komersial, Revan Menzano menambahkan, untuk penjualan tiket pesawat rute Pekanbaru-Jakarta akan mulai dilayani pada awal Juni 2010 baik melalui perusahaan biro perjalanan atau langsung ke kantor pusat Riau Airlines di Pekanbaru. "Sesuai jadual dan jika tidak ada aral melintang, maka terhitung 1 Juni 2010 kami sudah melayani pemesanan tiket pada rute penerbangan itu," katanya.

Sebelumnya, terhitung 6 Januari 2010, Riau Airlines menutup penerbangan Pekanbaru-Jakarta karena terus merugi dan tidak bisa bersaing dengan maskapai besar lain pada rute yang dibuka sejak Desember 2008 dengan mengoperasikan pesawat BAe RJ-100 berkapasitas 108 kursi.


Editor : I Made Asdhiana
Sumber: