Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Darmin: Kalian Pikir Bakal Naik, Ya?

Kompas.com - 05/07/2010, 16:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pjs Gubernur Bank Indonesia, Darmin Nasution, mengatakan, BI tetap optimistis pada target inflasi sebesar lima persen plus minus satu persen untuk tahun 2010. Oleh karena itu, Dewan Gubernur BI tetap memutuskan BI Rate di tingkat 6,5 persen.

"Kalian pikir bakal naik, ya?" seloroh Darmin dalam keterangan pers di Gedung Thamrin, Senin (5/7/2010).

Dewan Gubernur menilai BI Rate di tingkat 6,5 persen masih konsisten untuk menekan inflasi yang makin tinggi pada akhir triwulan kedua sehingga mungkin untuk mencapai target inflasi yang telah ditetapkan.

Darmin mengakui, pada bulan Juni memang terjadi kenaikan inflasi yang didominasi oleh kenaikan harga bumbu, seperti cabai merah dan bawang merah karena ketidakpastian musim. Namun, BI tetap optimistis dalam dua sampai tiga bulan harganya akan segera turun.

Oleh karena itu, BI tidak melihat tekanan inflasi pada bulan Juni bersifat permanen. Menurutnya, kecenderungan ini selalu sama dalam 7-8 tahun terakhir. Darmin tak ragu mesti dewan gubernur juga mencatat kemungkinan tekanan inflasi dari dampak kenaikan TDL, waktu menjelang dan saat Idul Fitri serta kenaikan harga bahan makanan karena ketidakpastian musim.

"Jadi kami optimistis tingkat inflasi di angka lima persen plus minus satu," ujarnya.

BI juga memperkirakan pertumbuhan ekonomi pada 2010 cenderung menembus batas atas kisaran proyeksi 5,5-6 persen. Kenaikan ekspor dan investasi diperkirakan akan terus terjadi dan semakin memperkuat kenaikan konsumsi dalam mendukung pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi pada 2010 dan 2011.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com