Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Puasa, Harga Sembako Mulai Naik

Kompas.com - 08/07/2010, 07:35 WIB

JAKARTA,KOMPAS.com - Harga barang kebutuhan pokok menjelang bulan puasa dan lebaran mulai meroket. Pada dasarnya, harga komoditas pokok seperti gula, terigu, minyak goreng, susu dan kedelai masih dalam kondisi normal dengan fluktuasi harga sekitar 1 persen.

Tapi,ada empat komoditas penting yang mengalami lonjakan yang cukup drastis. Empat komoditas ini adalah beras, cabai merah keriting, telur dan daging ayam, serta daging sapi. Karenanya, pemerintah akan melakukan percepatan produksi dan melakukan operasi pasar atau menggelar pasar murah jika dibutuhkan.

Ambil contoh, harga rata-rata cabai merah keriting per 7 Juli 2010 sebesar Rp 33.844 per kilogram (kg) naik 31,2 persen ketimbang harga rata-rata bulan Juni yang sebesar Rp 25.796 per kg. Sedangkan harga bawang merah per 7 Juli 2010 sebesar Rp 19.747 per kg, naik 19,45 persen dari harga rata-rata Juni yang sebesar Rp 16.654 per kg.

Wakil Menteri Pertanian Bayu Krisnamurti mengatakan kenaikan harga cabe merah keriting dan bawang merah ini bukan disebabkan karena produksi berkurang tapi akibat dari curah hujan yang tinggi. "Curah hujan yang tinggi menyebabkan kualitas cabai menjadi rendah dan gampang membusuk," kata Bayu seusai rapat koordinasi tim stabilisasi pangan, Rabu (7/7/2010).

Akibatnya, meskipun produksi masih normal, tapi akibat kualitas cabai yang menurun maka pasokan di pasaran menjadi berkurang. Padahal, kebiasaan masyarakat Indonesia mengkonsumsi cabe merah segar, bukan dalam bentuk cabai merah kering atau bubuk. (Herlina KD/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com