Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sosialisasikan Ulang Elpiji 3 Kilogram

Kompas.com - 28/07/2010, 19:16 WIB

KEDIRI, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Kediri, Jawa Timur memandang perlunya dilakukan sosialisasi ulang oleh Pertamina mengenai perlakuan terhadap tabung elpiji isi 3 kilogram yang dibagikan melalui program konversi. Alasannya untuk memberikan informasi yang benar dan mencegah jatuhnya korban lebih banyak.

Kepala Bagian Humas Pemerintah Kabupaten Kediri, Eko Setiyono mengatakan dari hasil pertemuan masyarakat yang diwakili oleh camat dari 26 kecamatan di Kediri, masyarakat mengeluhkan minimnya informasi mengenai program konversi minyak tanah ke tabung elpiji 3 kg.

Rata-rata masyarakat melaporkan, pada saat pembagian tabung gas, kompor dan regulator, mereka tidak mendapatkan informasi yang cukup dari petugas. Paket konversi langsung dibagikan berdasarkan data yang dimiliki petugas.

"Masyarakat pengguna elpiji 3 kg ini resah ketika marak pemberitaan di media massa mengenai ledakan tabung yang mengakibatkan jatuh korban. Sebagian mereka bahkan ada yang beralih menggunakan kembali kayu bakar," ujarnya, Rabu (28/7/2010).

Menurut Eko, sosialisasi ulang pemakaian elpiji 3 kg yang baik dan benar mendesak dilakukan di Kabupaten Kediri karena sebagian besar masyarakatnya berpendidikan rendah dan berada di daerah yang terpencil yang jauh dari akses informasi.

Konversi minyak tanah ke elpiji di Kabupaten Kediri sudah ditutup sejak 2009. Pertamina melalui rekanan PT Surveyor Indonesia telah melakukan droping paket konversi kepada 367.964 kepala keluarga di wilayah Timur Sungai Brantas dan 67.821 kepala keluarga di wilayah Barat Sungai Brantas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com