Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Zakat Bagikan 1.000 Paket

Kompas.com - 07/08/2010, 11:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Menyambut bulan Ramadhan 1431 H, Rumah Zakat menggelar program Superbaksos bagi keluarga miskin di area Jabotabek. Kegiatan berupa penjualan bahan kebutuhan pokok murah dan pengobatan gratis ini bertujuan membantu keluarga miskin dalam mengantisipasi lonjakan harga menjelang bulan Ramadhan.

"Ada paket sembako murah bagi warga miskin. Sembako murah ini kita adakan karena untuk warga miskin barangkali untuk sahur saja mereka susah karena harga sembako tinggi," ujar Program of Regional Jakarta Raya Timur Rumah Zakat, Syarif Hidayat, Sabtu (7/8/2010), di Monas, Jakarta.

Selain untuk mengantisipasi lonjakan harga barang kebutuhan pokok yang selalu terjadi jelang bulan puasa, Rumah Zakat melalui acara ini berusaha mengingatkan dan mengajak masyarakat untuk bisa membantu keluarga kurang mampu.

"Kami mengajak masyarakat untuk bersama-sama merangkai senyum Indonesia," tandas Syarif.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, sebanyak 2.000 keluarga miskin yang juga warga binaan Rumah Zakat turut berpartisipasi dalam acara ini. Selain mendapatkan bahan kebutuhan pokok dengan harga murah, warga kurang mampu tersebut juga rela mengantre demi pengecekan kesehatan dan obat gratis.

Tidak hanya di Monas, Superbaksos juga dilaksanakan di enam tempat lainnya, yakni Medan, Jakarta Barat, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Makassar.

"Kita selalu lakukan acara ini tiap tahun sebelum puasa. Dan ini tahun ketiga. Alhamdulillah tiap tahun warga miskin yang kita bantu selalu meningkat," ujar Syarif.

Meski demikian, ia mengakui bahwa zakat yang dihimpun Rumah Zakat dari masyarakat mampu wilayah Jakarta ini masih jauh dari jumlah potensial zakat di kota ini. Tahun 2009 saja, Rumah Zakat baru bisa menghimpun zakat sebesar Rp 107 miliar dari total potensial zakat wilayah ini sebesar Rp 20 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com