Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hore.. KUR Tanpa Jaminan Siap Meluncur

Kompas.com - 24/08/2010, 20:59 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah memastikan kredit usaha rakyat (KUR) tanpa jaminan yang batas atasnya dinaikan menjadi Rp 20 juta bisa segera diakses. Saat ini sudah ada 6 bank pemerintah dan 13 bank pembangunan daerah (BPD) siap menyalurkan KUR itu.

Menteri Negara Koperasi dan UKM, Syarifuddin Hasan mengatakan 6 bank pemerintah itu adalah Mandiri, BNI, BRI, BTN, Mandiri Syariah, Bukopin. Saat ini, pihaknya sedang menyiapkan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (Mou) dengan perbankan. "Mungkin minggu ini kita tandatangani MoU dengan perbankan," katanya di kantor kepresidenan, Selasa (24/8/2010).

Sjarifuddin menambahkan, Menteri Koordinator Perekonomian (Menko Perekonomian) nantinya yang akan menandatangani MoU. Sebab,kata dia, Menko Perekonomian sebagai Ketua Kebijakan KUR. "Jadi tidak perlu SK Menteri Keuangan," katanya.

Dalam MoU itu, nilai KUR tanpa jaminan boleh sampai Rp 20 juta. Selain itu, rasio jaminan pemerintah dinaikan dari sebelumnya 70 persen-30 persen menjadi 80 persen-20 persen. (Hans Henricus/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com