Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mentan Jamin Stok Beras Aman

Kompas.com - 30/08/2010, 21:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Pertanian (Mentan) Suswono menjamin stok pengadaan beras di pasaran untuk bulan Ramadhan dan menyambut Idul Fitri nanti aman. Bahkan, Suswono menjamin, saat ini stok beras di Indonesia surplus hingga mencapai 5,6 juta ton. Namun, Mentan mengatakan, persediaan beras tersebut baru mencukupi hingga dua bulan ke depan.

"Saat ini kondisi pertanian kita sedang bagus. Banyaknya curah hujan juga mendukung adanya panen yang melimpah. Bahkan, kita surplus hingga 5,6 juta ton. Saya pikir, untuk persediaan Lebaran hingga dua bulan ke depan itu sangat mencukupi," ujar Mentan seusai buka puasa bersama di rumah dinasnya, Jalan Widya Candra V No 28, Jakarta Selatan, Senin (30/8/2010).

Meski kondisi pasokan beras di Tanah Air tercukupi hingga dua bulan ke depan, tetapi pihak Kementerian Pertanian tetap memantau kondisi terakhir di lapangan. Pasalnya, iklim yang masih serba tidak menentu saat ini bisa jadi berimbas negatif terhadap hasil panen mendatang.

"Persoalan pangan tidak bisa dianggap main-main meskipun dalam kondisi yang aman. Kami tidak pernah bisa memprediksikan kondisi iklim saat ini. Bisa jadi saat ini lagi bagus, nanti tiba-tiba jelek kan bisa," ujar Suswono. (Tribunnews/Alie Usman)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com