Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2011, Penyerapan Tenaga Kerja 2,5 Juta

Kompas.com - 31/08/2010, 15:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah optimis bisa menciptakan lapangan kerja yang lebih banyak pada tahun depan. Kementerian Keuangan memperkirakan, jumlah lapangan kerja pada 2011 mendatang bisa menyerap sekitar 2,5 juta orang.

Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengatakan, penyerapan tenaga kerja ini sejalan dengan pertumbuhan ekonomi tahun depan. Seperti diketahui, tahun depan, pemerintah memasang target pertumbuhan ekonomi sebesar 6,3 persen. "Nantinya, setiap 1 persen pertumbuhan ekonomi, bisa membuka sekitar 400.000 lapangan pekerjaan," kata Agus, saat rapat paripurna di DPR, Selasa (31/8/2010).

Sementara, untuk pencari kerja baru, pemerintah memperkirakan ada sekitar 2 juta orang. Dengan demikian, pemerintah yakin bisa memperkecil angka pengangguran di Indonesia.

Catatan saja, hingga Maret lalu, ada 13,33 persen pengangguran dari sekitar 220 juta penduduk Indonesia. Jumlah pengangguran yang awalnya sekitar 29 juta, kini akan menjadi sekitar 27 juta atau berkurang sekitar 12,69 persen. "Dengan pertumbuhan ekonomi 6,3 persen, jumlah pengangguran bisa berkurang lagi," kata Agus.

Selain mengandalkan pertumbuhan ekonomi, pemerintah juga menyiapkan strategi lain yakni dengan menjalankan program pembangunan kewirausahaan dan keunggulan kompetitif UKM. "Program ini bakal mendorong penyerapan pengangguran," kata bekas Direktur Utama Bank Mandiri ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com