Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Penumpang Citylink Tertahan

Kompas.com - 07/09/2010, 22:21 WIB

BANJARBARU, KOMPAS.com - Ratusan penumpang pesawat Citylink tujuan Banjarmasin-Surabaya tertahan di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Kalimantan Selatan akibat penundaan penerbangan, Selasa (7/9/2010) malam.

Salah seorang penumpang, Imam Tantowi, mengatakan, semula jadwal keberangkatan pesawat dengan nomor penerbangan GA 055 itu pukul 19:20 Wita namun dilayar monitor tertulis keberangkatan ditunda menjadi pukul 21:00 Wita.

"Sekitar pukul 20:00 Wita, seluruh penumpang diberi jatah makan sebagai bentuk kompensasi atas keterlambatan keberangkatan pesawat sekaligus diberitahukan jadwal ditunda hingga pukul 02:00 Wita," ujar warga Banjarbaru itu saat dihubungi pukul 22.00 Wita.

Penyebab penundaan pesawat yang merupakan anak perusahaan PT Garuda Indonesia itu akibat adanya kerusakan.

Ratusan penumpang yang sebagian besar pemudik itu terpaksa duduk atau tidur-tiduran di kursi ruang tunggu lantai II terminal keberangkatan sambil menunggu keberangkatan pesawat.

Dikatakan pekerja swasta yang berniat mudik ke kampung halaman di Kota Malang, Jatim itu, penundaan keberangkatan pesawat sangat merugikan penumpang karena menunggu terlalu lama.

"Kami sangat kecewa atas keterlambatan ini karena waktu menunggu terlalu lama. Seharusnya jika ada kerusakan atau masalah dengan pesawat maka segera dicarikan penggantinya sehingga penumpang tidak terlantar," ujarnya.

Penundaan keberangkatan pesawat juga berdampak terhadap psikologis penumpang ditambah pemberangkatan dilakukan tengah malam sehingga setibanya di bandara tujuan sulit mendapatkan transportasi.

Apalagi, situasi dan kondisi di tengah arus mudik itu cukup rawan tindak kriminalitas sehingga para penumpang khawatir menjadi korban kejahatan karena tiba di tujuan menjelang dinihari.

"Situasi dan kondisi di tengah arus mudik pasti rawan kejahatan sehingga saya cukup khawatir setibanya dibandara tujuan. Apalagi, tibanya tengah malam sehingga sangat sulit mendapat angkutan," katanya.

GM Garuda Indonesia cabang Banjarmasin, Piktor Sitohang, mengatakan, pihaknya sudah berupaya maksimal agar penumpang pesawat Citylink bisa diberangkatkan meski pun harus tertunda selama enam jam lebih.

"Informasi yang kami terima, pesawat yang seharusnya berangkat dari Banjarmasin rusak sehingga mengganggu jadwal penerbangan dan mengakibatkan keterlambatan karena harus menunggu kedatangan pesawat pengganti. Namun, penerbangan tetap diupayakan malam ini juga," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com