Jumat, 25 Juli 2014

/ Nasional

Global Competitiveness Index

Berapa Peringkat Indonesia di Dunia?

Rabu, 8 September 2010 | 14:18 WIB

Baca juga

JAKARTA, KOMPAS.com — Pekan depan, Senin (13/9/2010), Global Competitiveness Index akan diumumkan. Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu mengatakan akan turut dalam Forum Ekonomi Dunia di mana peringkat ini akan diumumkan.

"Senin akan diumumkan. Kita akan hadir di sana," kata Mari dalam keterangan pers di kantor kementerian, Rabu (8/9/2010). Berapa peringkat Indonesia, Mari akan menunggu pengumuman resmi. Namun, dirinya optimistis peringkat Indonesia akan naik mengingat sejumlah perbaikan dalam sektor perdagangan di Indonesia, mulai dari perbaikan birokrasi dan iklim usaha.

Pada tahun lalu, Indonesia berada di peringkat ke-54. "Namun, kita sadari infrastruktur masih merupakan kendala. Masih menjadi PR kita," katanya.

Setelah mengikuti forum ini, Mari dan rombongan akan melakukan rapat kerja di Shanghai bersama semua perwakilan kementerian di luar negeri. Dalam raker ini, Mari akan memberikan arahan untuk membangun perdagangan Indonesia dalam lima tahun ke depan. "Terutama dengan meningkatkan ekspor nonmigas dan daya saing," tandasnya.


Editor : A. Wisnubrata