Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Edisi Terbatas Menunggu Apresiasi

Kompas.com - 06/10/2010, 21:35 WIB

KOMPAS.com - Wajah Wakil Ketua Yayasan Batik Indonesia (YBI) Sri Murniati Widodo terlihat sumringah. Di podium, Rabu (6/10/2010), ia pun menyambut gembira langkah produsen elektronik LG yang menyiapkan 15 unit produk elektronik rumah tangga dengan desain pembatikan khas Indonesia.

Murniati memang tidak sendirian. Ada 15 seniman batik nasional di bawah naungan YBI yang ikut ambil bagian dalam proses tersebut yakni Komarudin Kudiya dengan sentuhan motif Garut, Benny Adrianto (motif Kalimantan), Onny Karyani (motif Tanjung Pinang), Hendri Suprapto (motif Yogyakarta), Umi S Adisusilo (motif Semarang), Siti Maimona (motif Madura), Darwati A Gani (motif Aceh), Nora Gunawan (motif Solo), Katura (motif Cirebon), Liem Poo Hien (motif Pekalongan), Uswatun (motif Tuban), Supriyadi Harmaen (motif Tasikmalaya), Rusmini Darmono (motif Banyumas), Siti Ruminah (motif Indramayu), dan Mahmudah (motif Jambi). Masing-masing dari mereka menggarap satu unit produk.

Dalam kesempatan itu, sebagaimana dikatakan oleh Presiden Direktur PT LG Elektronics Indonesia (LGEIN) Kim Weon Dae, 15 unit produk dimaksud adalah lima kulkas ekstra besar dengan pintu bersisian (side by side), lima kulkas dua pintu di atas 250 liter, serta lima mesin cuci bukaan depan (front loading). Menurut rencana, proses itu harus sudah kelar sekaligus diperkenalkan kepada khalayak pada November. Nantinya, akan ada 15 unit produk dengan desain saling berbeda. "November bertepatan dengan hari ulang tahun ke-20 perusahaan," katanya.

Sementara itu, Direktur Penjualan LGEIN Budi Setiawan mengatakan dalam kesempatan tersebut 15 unit produk itu memang edisi terbatas. Kelak, kalau sudah bermotif batik, seluruh produk akan dilelang. Uang hasil lelang akan disumbangkan kepada lembaga-lembaga sosial. "Harga produknya sendiri bervariasi antara Rp 6 juta sampai Rp 25 juta per unit," kata Budi.

Lebih lanjut Budi mengatakan 15 unit produk bermotif batik nantinya juga akan diperlihatkan kepada masyarakat luas dengan harapan memperoleh banyak apresiasi. Jika memang harapan itu benar-benar terwujud, terang Budi, bakal ada realisasi produk dimaksud diproduksi massal.

Sementara itu, Sri Murniati Widodo juga berharap agar 15 produk tersebut bisa dipamerkan di berbagai gerai LG di mancanegara. "Harus dicantumkan pula keterangan kalau corak batik tersebut adalah dari Indonesia," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com