Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bencana Tak Pengaruhi Inflasi

Kompas.com - 01/11/2010, 13:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Badan Pusat Statistik (BPS) memperkirakan bahwa bencana alam yang terjadi di sejumlah daerah Indonesia, seperti banjir bandang di Wasior, meletusnya Gunung Merapi di Sleman, dan tsunami di Mentawai, tidak berpengaruh terhadap inflasi atau kenaikan harga baik secara lokal maupun nasional.

Kepala BPS Rusman Heriawan menyampaikan, ketiga wilayah tersebut bukan merupakan kantong produksi sehingga lumpuhnya kegiatan produksi di sana tidak memengaruhi inflasi secara berarti. "Wilayah itu bukan yang jadi kantong produksi. Saya tidak melihat secara nasional maupun lokal dampak signifikan dari kenaikan harga itu," katanya dalam jumpa pers inflasi bulanan di kantor BPS, Jakarta, Senin (1/11/2010).

Menurut Rusman, kemungkinan kenaikan harga lokal di sejumlah daerah tersebut memang tidak signifikan. Namun, bencana alam di sejumlah daerah tersebut dapat melumpuhkan transaksi pasar di sana. Masyarakat Wasior, Sleman, dan Pagai Selatan Mentawai hanya akan mengandalkan bantuan untuk konsumsi.

Sementara itu, untuk inflasi pada bulan Oktober, menurut data BPS, mencapai 0,06 persen dengan Indeks Harga Konsumen sebesar 123,29 persen. Sebanyak 32 kota dari 66 kota mengalami inflasi pada Oktober. Inflasi tertinggi terjadi di Kota Batam sebesar 1,02 persen dengan IHK 119, 53. Sedangkan terendah terjadi di Kota Ternate sebesar 0,01 persen dengan IHK 124,12.

"Saya meyakinkan akan deflasi tipis, tapi ternyata masih inflasi karena faktor beras masih menunjukkan kenaikan. Beras pemegang kontribusi terbesar inflasi yang harganya meningkat tipis 0,74 dan menyumbang inflasi 0,04 persen," papar Rusman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com