Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Per Kapita Penduduk 4.500 Dollar AS

Kompas.com - 05/11/2010, 07:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pendapatan per kapita penduduk Indonesia pada tahun 2014 diperkirakan akan mencapai 4.500 dollar AS atau Rp 40,5 juta per tahun. Pertumbuhan pendapatan per kapita tersebut dimungkinkan karena aktivitas ekonomi di Indonesia akan terjadi lebih merata di setiap daerah.

”Ada peningkatan pada pendapatan per kapita dari 1.184 dollar AS per tahun pada 2004 menjadi 3.000 dollar AS per tahun pada saat ini, menjadi 4.000-4.500 dollar AS per tahun pada tahun 2014. Itu tidak terlepas dari pertumbuhan PDRB (produk domestik regional bruto),” ujar Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa di Jakarta, Kamis (4/11/2010), saat memberikan kata sambutan dalam acara Penganugerahan Penghargaan atas Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Bidang Penanaman Modal Provinsi/Kabupaten/Kota Terbaik 2010.

Menurut Hatta, pertumbuhan pendapatan per kapita itu dimungkinkan karena faktor-faktor pendorong ekonomi akan memberikan kontribusi yang merata, bukan hanya disebabkan oleh campur tangan pemerintah. Faktor pendorong ekonomi lainnya adalah perdagangan internasional neto, konsumsi masyarakat, dan investasi akan berkembang lebih cepat.

”Saya mendapatkan laporan dari Kepala BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal) bahwa target investasi tahun 2010 sekitar Rp 2.000 triliun akan terlampaui. Bulan lalu, realisasi investasi 13,5 miliar dollar AS, terbesar sepanjang sejarah. Dengan demikian, pada akhir tahun nanti realisasi investasi diproyeksikan mencapai 140 miliar-150 miliar dollar AS,” katanya. (OIN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com