Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebijakan Subsidi BBM Dorong Sikap Boros

Kompas.com - 18/11/2010, 14:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Adanya kebijakan pemberian subsidi bahan bakar minyak (BBM) dinilai menjadi pendorong bagi perilaku konsumsi masyarakat yang tidak berkesinambungan atau mendorong sikap boros.

Pasalnya, pendistribusian subsidi BBM ini salah sasaran. Penikmat subsidi BBM mayoritas bukan orang yang berhak mendapatkan subsidi BBM.

Demikian dikatakan anggota Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indoensia (YLKI) Tulus Abadi pada Seminar "Implikasi atas Pelaksanaan Regulasi Distribusi BBM Subsidi dan Non Subsidi terhadap Usaha SPBU Nasional" di Hotel Millenium Ruangan Ballroom Mutiara, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (18/11/2010).

"Ekses negatifnya, pemerintah menjadi malas mengembangkan energi baru dan terbarukan," kata Tulus Abadi.

Selain itu, kebijakan ini akan memperburuk dan mempercepat perubahan iklim global. Akibatnya, jebolnya anggaran negara tidak bisa dihindarkan bahkan mengalahkan pembangunan di bidang infrastruktur, pendidikan, kesehatan.

"Ini juga mengakibatkan tidak mendorong industri otomotif untuk melakukan inovasi jenis kendaraan yang hemat bahan bakar," imbuhnya. (Iwan Taunuzi)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com