Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garuda Ikut Promosikan Wisata Kalbar

Kompas.com - 26/11/2010, 19:21 WIB

PONTIANAK, KOMPAS.com - General Manager Garuda Indonesia Cabang Pontianak, Wempie Ohoiwutun memastikan Garuda tetap berkomitmen mendukung priwisata Kalbar. "Itu sudah kewajiban kita, di mana perwakilan Garuda berada maka kewajiban kita juga harus mendukung dan membantu pariwisata. Begitu pula di Kalbar," kata Wempie Ohoiwutun di Pontianak, Jumat (26/11/2010).

Wempie menjelaskan, pihaknya telah komunikasi hal itu dengan pelaku wisata lainnya yang tergabung dalam asosiasi. Dimana Garuda kerap meminta apa saja yang dapat mendukung program kepariwisataan Kalbar.

"Misalnya, brosur, pamflet dan sejenisnya sebagai bahan untuk kita promosikan ke penumpang Garuda terutama yang berasal dari mancanegara. Jadi bagaimana kita juga harus memanfaatkan Garuda untuk kepentingan pembangunan daerah," ucapnya.

Sementara untuk membuka jalur penerbangan baru dari Pontianak - Kuching atau sebaliknya, Wempi mengatakan tidak lah mudah melakukan itu, karena semua keputusan berada di tangan pusat. Prinsip bisnis Garuda dengan maskapai penerbangan lain yang telah duluan membuka jalur penerbangan ke negara tetangga itu berbeda.

"Sebagai perusahaan penerbangan BUMN, tentunya Garuda tidak serta merta membuka jalur penerbangan baru. Sebab ada hal-hal yang menjadi pertimbangan sehingga belum dibukanya jalur tersebut, misalnya berkaitan dengan profit," katanya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalbar, Yusri Zainuddin mengharapkan PT Garuda dapat membuka jalur penerbangan baru dari Pontianak - Kuching atau sebaliknya dalam rangka menunjang pariwisata Kalbar.

Begitu pula Sekjen DPP Asita Yachya Machmoed, mengharapkan Garuda tidak hanya membuka jalur penerbangan ke Belanda melainkan dapat berkembang juga ke Frankfurt dan Belgia. "Karena peluang wisatawan juga banyak dari negara-negara itu," katanya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com