Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nat Rothschild: Vallar Bisnis Pribadi

Kompas.com - 14/12/2010, 08:57 WIB

KOMPAS.com Darah Keluarga Rothschild boleh saja mengalir di tubuh Nathaniel Rothschild. Namun, tak semua bisnis Nat, demikian ia biasa dipanggil, berhubungan dengan bisnis keluarga besar Rothschild. Salah satunya adalah Vallar Plc yang belakangan heboh menjadi perbincangan karena menggandeng keluarga Bakrie.

Dalam kujungan ke Jakarta, Senin (13/12/2010), Nat menegaskan bahwa Vallar merupakan bisnis pribadinya. Dengan kata lain, Vallar Plc yang akan segera berganti nama menjadi Bumi Plc tidak memiliki kaitan dengan bisnis keluarga besar Rothschild. "Saya sendiri dan kolega saya yang mendirikan perusahaan ini," tegas Nat.

Ia juga menggambarkan transaksi Vallar dengan Grup Bakrie dan PT Recapital Advisors sebagai deal yang spesial. "Ini merupakan investasi saya yang paling signifikan," kata Nat lagi. Karena itulah, ia berniat untuk terlibat aktif di Vallar dalam beberapa tahun mendatang.

Seperti pernah ditulis, tukar guling Vallar, Grup Bakrie, dan Recapital, akan melibatkan dua transaksi besar.

Pertama, Vallar akan membeli 75 persen saham BRAU milik PT Bukit Mutiara, unit usaha Recapital, senilai 1,584 miliar dollar AS. Artinya, saham BRAU dihargai Rp 540 per saham. Vallar akan membayar transaksi ini dengan dua cara:

Pertama, 35 persen saham BRAU akan dibayar dengan duit tunai sebesar 739 juta dollar AS. Dari jumlah ini, Vallar akan membayarkan 639 juta dollar AS kepada Mutiara setelah penandatanganan transaksi ini.

Kedua, untuk membayar 40% saham BRAU, Vallar akan menyerahkan 52,3 juta saham baru kepada Mutiara. Harga setiap saham baru Vallar ini adalah £ 10,00 per saham

Kedua, Vallar akan menyerahkan 90,1 juta saham baru (terdiri dari 62,7 juta saham biasa dan 27,4 juta saham biasa tanpa hak voting) yang bernilai 10,00 poundsterling per saham kepada Bakrie Group untuk membayar 25 persen saham BUMI.

Setelah proses transaksi selesai sekitar 8 April 2011, Grup Bakrie akan menguasai 43 persen saham Vallar, Recapital (lewat Bukit Mutiara) memiliki 24,9 persen, pemegang saham biasa Vallar saat ini menguasai 28,3 persen, serta pendiri dan manajemen Vallar memiliki 3,8 persen saham.

Siap menambah saham Memang, Nat tidak menutup kemungkinan bahwa keluarga besarnya akan memberikan bantuan. Tapi, kemungkinan besar, bentuknya hanya asistensi sesuai keahlian mereka masing-masing, bukan dana. Apalagi, kini, Vallar masih memiliki kas yang cukup kuat.

Pada akhir September 2010 lalu, pos kas adan setara kas Vallar berisi 640,40 juta poundsterling. Kalaupun nanti Vallar butuh dana lagi, Nat mengaku siap menyetorkan modal tambahan.

Sebagai catatan, keluarga Rothschild telah memiliki pengalaman 200 tahun di dunia keuangan. Seperti digambarkan di situs www.rothschild.com, kini, bisnis keluarga ini mencakup empat lini utama, yakni: investment banking, corporate banking, private banking & trust, dan bisnis lain-lain.

Nat Rothschild sendiri telah malang melintang di pasar keuangan selama 15 tahun. Kini, ia menjabat sebagai Co-chairman dan Co-founder Attara Capital LP (pengganti Atticus European Fund).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com