Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Minyak Terus Naik

Kompas.com - 13/01/2011, 09:59 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com — Harga minyak naik untuk hari keempat berturut-turut di Asia pada Kamis (13/1/2011) di tengah pelemahan tajam dalam cadangan minyak mentah, penguatan dollar AS, dan juga prediksi cuaca dingin di Amerika Serikat.

Kontrak utama New York minyak mentah jenis light sweet pengiriman Februari naik enam sen ke posisi 91,92 dollar AS per barrel. Sementara minyak mentah brent  untuk penyerahan Februari naik 24 sen menjadi 98,36 dollar AS per barrel.

"Harga minyak mentah naik sebagai refleksi pelemahan dollar AS. Kenaikan lebih besar daripada prediksi dalam cadangan minyak mentah AS dan juga ekspektasi untuk menguatnya permintaan minyak mentah untuk pemanas karena cuaca dingin melanda negara-negara bagian timur laut Amerika Serikat," Commonwealth Bank of Australia mengatakan dalam laporannya.

Departemen Energi AS (DoE), Rabu malam, melaporkan bahwa cadangan minyak mentah AS turun 2,2 juta barrel pekan lalu. Penurunan tersebut lebih tajam daripada yang diperkirakan. Ini mengindikasikan permintaan menguat.

Harga minyak mentah dengan dollar juga diuntungkan dari penguatan dollar AS terhadap euro. Dengan mata uang Eropa itu, harga minyak mentah berada pada kisaran 1,3121 dollar pada awal perdagangan Asia dibandingkan dengan 1,3128 dollar di New York pada Rabu malam.

Badai salju kedua yang melanda negara-negara bagian timur laut Amerika Serikat dan memaksa ratusan penerbangan dibatalkan serta ditangguhkan di Bandara New York juga mendorong harga minyak mentah naik karena lebih banyak masyarakat yang menggunakan energi untuk pemanas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com