Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kantor Mandala Diserbu Calon Penumpang

Kompas.com - 13/01/2011, 10:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Calon penumpang maskapai penerbangan Mandala yang menyatakan menutup rute penerbangannya mulai Kamis (13/1/2011) mendatangi kantor pusat PT Mandala Airlines untuk menukarkan tiket penerbangan yang telah mereka beli sebelumnya. 

Berdasarkan pemantauan Kompas.com, kantor pusat PT Mandala Airlines di Jalan Tomang Raya Nomor 33 Slipi, Jakarta Barat, dipenuhi calon penumpang yang antre menukarkan tiket. 

Menurut seorang petugas satuan pengamanan yang ada di lokasi, sejak pukul 08.00 calon penumpang yang hendak menukarkan tiket sudah berdatangan dan dilayani di lobi kantor. 

Antrean calon penumpang dilayani petugas dari PT Mandala Airlines di lima loket. Mekanisme penukaran tiket terlihat mudah, yaitu calon penumpang tinggal mengambil nomor antrean, kemudian mengisi formulir yang berisi identitas dan keterangan penerbangan, lalu menuju loket dan menunjukkan formulir dan kartu tanda penduduk. 

Namun, persoalan selanjutnya, calon penumpang merasa resah kapan jaminan uang dari pihak Mandala akan dikembalikan. "Penerbangan saya sudah dibatalkan sejak 9 Desember 2010. Katanya dalam waktu 14 hari akan dikembalikan, tapi saya mengecek tanggal 3 Januari 2011 lewat print out bank tetap belum masuk juga. Saya kemari untuk menanyakan apakah uang saya kembali atau tidak," kata Epi yang waktu itu memesan rute Jakarta-Banjarmasin.

Tidak hanya Epi yang kebingungan. Beberapa calon penumpang lain sampai berinisiatif membuat surat pernyataan yang berisi bukti bermeterai kapan pihak Mandala akan mengembalikan uang penumpang. "Saya berinisiatif sendiri Mbak, belajar dari yang sudah-sudah. Saya membuat pernyataan bermeterai, kapan tepatnya uang penumpang akan dikembalikan Mandala. Tapi, mereka enggak mau tanda tangan," kata Arif, salah seorang penumpang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com