Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LPS Pertahankan Tingkat Bunga Wajar Bank

Kompas.com - 14/01/2011, 08:24 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mempertahankan tingkat bunga wajar perbankan untuk periode 15 Januari-14 Mei 2011 sama dengan periode sebelumnya.

Keterangan LPS yang diterima di Jakarta, Kamis (13/11/2011), menyebutkan tingkat bunga yang wajar untuk simpanan di bank umum dalam rupiah ditetapkan sebesar 7,00 persen.

Sementara tingkat bunga wajar simpanan di bank umum dalam valuta asing ditetapkan sebesar 2,75 persen. Tingkat bunga wajar simpanan di Bank Perkreditan Rakyat (BPR) ditetapkan sebesar 10,25 persen.

Tingkat bunga wajar LPS sudah bertahan lebih dari setahun. Pada periode 15 September 2009-14 Januari 2010, tingkat suku bunga wajar sudah ditetapkan pada tingkat itu.

Tingkat bunga wajar LPS menjadi dasar bagi LPS dalam membayar dana nasabah jika bank dicabut izin usahanya dan dana milik nasabah harus dibayarkan. Bunga termasuk yang akan dibayar oleh LPS, tetapi LPS hanya akan membayar hingga tingkat bunga wajar itu.

Pertimbangan dipertahankannya tingkat bunga wajar pada awal 2011 ini antara lain tingkat inflasi inti masih terkendali pada level 4,28 persen meskipun indeks inflasi pada Desember 2010 mencapai 6,96 persen secara tahunan.

Selain itu, bunga Bank Indonesia (BI Rate) sampai dengan Desember 2010 masih dipertahankan di 6,5 persen sehingga perbedaan tingkat bunga penjaminan untuk simpanan dalam rupiah bank umum dan BI Rate 50 basis poin dianggap wajar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com