Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Medco Tuntaskan Pengambilalihan Senoro Toili

Kompas.com - 01/02/2011, 08:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -  PT Medco Energi Internasional Tbk mengumumkan penyelesaian atas pengambilalihan 100 persen saham Tomori E&P Limited (TEL) oleh Mitsubishi Corporation. Nilai pengambil alihan saham itu sebesar 260 juta dollar AS.   

Pada awalnya, TEL merupakan anak perusahaan PT Medco Energi yang dimiliki penuh, serta pemegang 20 persen hak partisipasi atas Production Sharing Contract (PSC) wilayah kerja Senoro-Toili (Senoro-Toili PSC blok), bersama dengan PT Medco E&P Tomori Sulawesi, anak perusahaan MedcoEnergi lainnya yang dimiliki penuh, dan PT Pertamina Hulu Energi Tomori Sulawesi, anak perusahaan dari PT Pertamina (Persero), yang masing-masing memiliki 30 persen dan 50 persen hak partisipasi.   

Perseroan mengambilalih 50 persen hak partisipasi Senoro Toili PSC Blok pada tahun 2000 yang saat ini memproduksi sekitar 1.900 b arel minyak per hari dari lapangan minyak Toili dan saat ini juga memegang 250 MMCFD Perjanjian Jual Beli Gas dengan PT Donggi Senoro LNG, perusahaan yang dimiliki Sulawesi LNG Development Limited (MC 75 persen, Korea Gas Corporation 25 persen ), Pertamina dan MedcoEnergi, melalui anak perusahaan yang mereka miliki penuh, yaitu Pertamina Energy Services (PES) dan PT Medco LNG Indonesia (MLI), yang akan membangun dan meng operasikan kilang dan fasilitas gas alam cair dengan kapasitas produksi 2 juta ton per tahun.  

Pekerjaan pengembangan untuk memproduksi gas dari lapangan Senoro akan dimulai segera dengan target produksi mulai pada triwulan kedua tahun 2014. Perser oan percaya bahwa masuknya MC dalam Senoro-Toili PSC block akan mewujudkan sinergi terhadap kegiatan Proyek Pengembangan Gas Senoro, baik dari sisi hulu maupun hilir. Kerjasama ini akan meningkatkan nilai tambah dan memberikan kepastian yang lebih tinggi terhadap kelangsungan Proyek ini.  

Menurut Sekretaris Korporat PT Medco Energi Cisca Alimin, Senin (31/1/2011), dalam siaran pers, di Jakarta, hasil dari akusisi TEL oleh MC sebesar 260 juta dollar AS (kotor) akan memungkinkan perseroan untuk memperbaiki struktur permodalan yang tercermin pada peningkatan ekuitas Perseroan serta menurunkan rasio hutang terhadap ekuitas Perseroan. Jadi, perseroan itu akan mampu untuk melanjutkan memberikan neraca keuangan lebih kuat di tahun mendatang.  

Proses divestasi ini merupakan bagian dari program optimalisasi aset yang telah menjadi fokus dari strategi Perseroan secara ke seluruhan sejak beberapa tahun ke belakang untuk menurunkan hutang dan memperbaiki buku Perseroan. Penyelesaian dari transaksi ini bertujuan untuk meraih target tersebut, sehingga MedcoEnergi akan memiliki posisi yang jauh lebih baik di masa mendatang den gan struktur modal yang lebih kuat dan fondasi yang lebih kokoh agar Proyek   

"Pengembangan u tama Perseroan diselesaikan dan memastikan Perseroan dapat memberikan nilai tambah jangka panjang kepada pemegang saham serta pemangku kepentingan lainnya," kata Cisca.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com