Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cadangan Devisa Tembus 100 Miliar Dollar

Kompas.com - 02/03/2011, 13:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Cadangan devisa Indonesia akhirnya berhasil mencapai tiga digit. Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution menyampaikan bahwa cadangan devisa pada Rabu (2/3/2011) telah menembus 100 miliar dollar AS.

Darmin mengatakan, setelah pasar keuangan dan pasar modal sempat mengalami tekanan pada Januari lalu, kini pasar modal dan pasar uang Indonesia mulai pulih. ”Sebetulnya 99 dengan 100 tidak jauh beda. Tetapi dari sisi psikologis jumlah ini memberikan assurance untuk sektor keuangan, ” kata Darmin yang disambut tawa hadirin saat berpidato dalam  acara ISEI Executive Seminar on Economics and Banking di Hotel Nikko, Jakarta, hari ini.

Menurut Darmin, jumlah cadangan devisa yang semakin membengkak ini menunjukkan Indonesia sudah berada dalam jalur yang benar dan semakin dekat kepada peringkat investment grade.

Berdasarkan data Bank Indonesia, posisi cadangan devisa per 31 Januari lalu sebesar 95,332 miliar dollar AS. Peringkat utang Indonesia saat ini berdasarkan Moody’s masih satu notch di bawah investment grade. Sebelumnya, lembaga pemeringkat Fitch juga sudah memberikan outlook dari stabil menjadi positif atas surat utang pemerintah. (Nina Dwiantika, Bernadette Christina Munthe/Kontan)

Baca juga: Hot Money

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com