Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soekarno-Hatta untuk 67 Juta Penumpang

Kompas.com - 04/04/2011, 07:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Rencana induk Bandara Soekarno-Hatta telah dituntaskan oleh manajemen PT Angkasa Pura II (Persero). Rencana induk itu untuk menyongsong pergerakan 67 juta penumpang di Soekarno-Hatta pada 2014-2015.

Angkasa Pura II, saat ini sedang menunggu arahan dari Wakil Presiden terkait rencana induk (masterplan). Baru kemudian menajamkan detail desain, sebagai patokan pembangunan Soekarno-Hatta. Angkasa Pura II pun mengharapkan pembangunan dapat dimulai awal tahun 2012.

”Kami dijadwalkan bertemu Wakil Presiden pada minggu kedua bulan April ini. Setelah itu, segera dijabarkan poin-poin pentingnya dalam berbagai turunan dari rencana induk. Kemudian, percepatan pembangunan Soekarno-Hatta terus digulirkan,” kata Direktur Utama PT Angkasa Pura II Tri Sunoko, Jumat (1/4/2011) malam di Jakarta.

Dalam rencana induk itu nantinya Soekarno-Hatta akan memiliki empat terminal penumpang dan satu terminal kargo. Selain itu, juga ada satu gedung parkir berlantai empat berkapasitas 20.000 unit kendaraan yang dibangun antara Terminal 1 dan 2. Di sekeliling dua basin atau waduk pengendali banjir akan dibangun pula area komersial hotel.

Di area komersial antara Terminal 1 dan 2 itu pula akan ditempatkan stasiun kereta bandara. Fasilitas kereta bandara itu sendiri akan ditender bulan Juni 2011 dengan perkiraan biaya investasi Rp 10,2 triliun.

Oleh karena lalu lintas penerbangan yang makin meninggi, maka juga akan dibangun landasan pacu (runway) ketiga. Landasan pacu ini akan dibangun di sisi utara landasan pacu Terminal 2. Angkasa Pura II akan membebaskan lahan seluas 300 hektar untuk landasan pacu ketiga dan Terminal 4 itu. (RYO)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com