Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Akan Uji Direksi Citibank

Kompas.com - 13/04/2011, 10:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com Bank Indonesia akan melakukan fit and proper test atau uji kepatutan dan kelayakan terhadap direktur utama beserta jajaran Citibank Indonesia. Hal ini terkait kasus dugaan meninggalnya seorang nasabah kartu kredit oleh penagih utang dan pembobolan oleh oknum pegawai Citibank.

"Bank Indonesia (BI) akan segera melakukan fit and proper test kepada direksi Citibank, dua pekan dari sekarang," kata Budi Rochadi, Deputi Gubernur Bank Indonesia, saat ditemui seusai konferensi pers hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG), Selasa (12/4/2011).

Untuk menyelidiki dua kasus di bank asal Amerika Serikat (AS) ini, bank sentral bekerja sama dengan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) serta Kepolisian Republik Indonesia.

Budi mengatakan, bank sentral kemungkinan akan mengenakan sanksi kepada Citibank berupa teguran administratif hingga pembekuan izin operasional kartu kredit dan private banking Citibank.

Akan tetapi, operasional Citibank di Indonesia belum tentu dihentikan, walaupun kegiatan kartu kredit dan private banking bisa dihentikan. Pasalnya, dua hal tersebut hanya menjadi bagian kecil dalam operasional bank.

Budi menambahkan, Citibank pernah dikenakan sanksi soal transaksi derivatif. "BI tetap tegas menjalankan aturan, tidak memandang suatu bank tertentu, baik bank asing maupun lokal," imbuhnya. (Nina Dwiantika/Kontan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com